Senin, 29 Oktober 2012

WAKATOBI 3 : Sorga di Jantung Segi Tiga Terumbu Karang Dunia


i-wakatobi-s
Untuk membuktikan keindahan nyata bawah laut, maka kegiatan diving dan snorkling wajib dilakukan bila mengunjungi kepulauan Wakatobi (Wangiwangi, Kaledupa/Hoga, Tomia dan Binongko. Untuk itu Tip Wisata Hemat telah melakukan penjelajahan sebagian Wakatobi yaitu Wangiwangi, Kaledupa (Hoga) dari tanggal 23 – 27 Oktober 2012, dengan melakukan diving dan snorkling di beberapa spot penyelaman. Sedianya kegiatan dilakukan sampai ke Pulau Tomia dan Binongko, namun karena adanya liburan Idhul Adha, maka transportasi dari Wanci tanggal 26 dan 27 terhenti total, sehingga rencana mengunjungi kedua pulau tersebut dibatalkan.
Berdasarkan info yang Tip Wisata Hemat dapatkan sebelum melakukan aktivitas di Wakatobi, bahwa gugusan kepulauan Wakatobi memiliki paling tidak 25 buah gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya Acropora formosa, A. hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp.  Adapun untuk jenis ikan yang ada di kawasan Wakatobi sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias diantaranya argus bintik (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.
Selain itu ada info lain, bagi   yang memiliki hobby snorkeling dan diving, maka bulan Maret hingga Desember adalah musim yang tepat untuk menyelami perairan spektakuler Wakatobi. Sedangkan pada bulan-bulan Juli dan Agustus, plankton kaya nutrisi yang tumbuh subur di perairan Wakatobi memancing munculnya hewan laut besar.   Namun perlu juga diantisipasi bahwa umumnya pada bulan-bulan itu air laut relatif lebih dingin dari biasanya, sedangkan jangkauan pandang bawah laut terbilang rendah.
Suhu air laut di Wakatobi cukup bervariasi. Sebagai panduan ringkas, suhu selama Oktober maksimum 30°C, pertengahan Agustus suhu terendah 25°C, sedangkan antara Maret dan Mei suhu rata-rata 28°C. Juni, Juli, dan September suhu air laut berkisar antara 26 dan 27°C, Oktober 28-30°C, dan November ke Maret rata-rata 28°C. Maka bisa disimpulkan, sepanjang tahun suhu air laut di Wakatobi berada dalam kisaran 26-29°C. Zona selam di perairan Wakatobi berkisar antara 5 meter dan lebih dari 40 meter. Jangkauan pandang, atau visibility antara 15-80 meter. Permukaan airnya tenang, arus lemah, dan ada lebih dari 50 situs selam yang bisa dikunjungi wisatawan.
Untuk kegiatan diving dan snorkling, peralatan dapat di sewa dengan mudah di sekitar lokasi antara lain di Wanci dapat menghubungi Mawadah Dive Center yang terletak di samping hotel Wisata Beach Hotel, Padi di Pulau Hoga, dan Tomia Dive Center di Pulau Tomia. Resor Patuno yang terletak di Pantai Patuno menyediakan paket menginap dan menyelam, begitu pula Wisata Beach Hotel.
wakatobi4571 (2)WAKATOBI_0078 (71)wakatobi6DSC04507
Aktivitas snorkeling dan Diving di sekitar Wanci dan Pulau Hoga
Selama di berada di Wanci Tip Wisata Hemat, memanfaatkan jasa Mawadah Dive Center untuk mendampingi aktivitas  snorkeling dan diving, dan ketika berada di Pulau Hoga menyewa peralatan selam yang tersedia lengkap di sana.
Sedangkan untuk merekam keindahan bawah laut, saat ini telah tersedia camera khusus bawah laut  yang dapat dibeli di counter penjualan camera atau dapat menyewa pada dive center setempat. Saran gunakan camera digital dengan penyimpan data berbentuk SD Memory Card, sehingga data rekaman dapat dipindah ke komputer, karena tersedia pula camera dalam bentuk film yang harus dicetak .
Berikut ini beberapa liputan camera selama diving di sekitar Wanci dan Hoga.
wakatobi7wakatobi8wakatobi9
IMG_0052IMG_0059
Keindahan nyata bawah laut Wakatobi
Bila ingin mengunjungi Wakatobi, maka berikut tip yang perlu diperhatikan :
  1. Saat yang tepat mengunjungi Wakatobi adalah bulan Oktober atau November,  karena saat tersebut lautnya tenang  dan jernih, sehingga memudahkan untuk yang hobby memotret.
  2. Jangan lupa membawa kamera bawah laut atau pembungkus kamera khusus anti air. Gunakan keterampilan fotografi bawah laut Anda karena mengambil foto di bawah laut tidaklah mudah tetapi juga sebuah penyesalan apabila dilewatkan begitu saja.
  3. Bawalah sunblock, sunscreen, dan topi, juga kaos yang nyaman untuk cuaca pantai.
  4. Bawalah obat nyamuk gosok.
Ingin menikmati sorga nyata bawah laut atau keindahan serta pesona bawah laut di jantung segitiga terumbu karang dunia, saatnya kunjungi Wakatobi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar