Rabu, 17 Oktober 2012

Pesona Wisata Hongkong

Ini adalah pengalaman salah seorang anggota Komunitas wisata Hemat, yaitu ibu Evi Veronica, ketika melakukan wisata ke Hongkong, hasil pengalaman tersebut kali ini khusus disajikan untuk anggota Komunitas.  Berikut ini penuturan dan dan catatan  perjalanan   yang disampaikan.

Hongkong adalah sebuah Kota metropolitan yang modern,  yang menyimpan potensi sebagai pusat perdagangan, industri dan Jasa serta keuangan.  Selain itu hongkong juga menyimpan pesona sebagai salah satu kota wisata dunia, pesona yang ditampilkan  dapat menambah wawasan dan pegalaman hidup. Hongkong adalah sebuah wilayah yang menjadi bagian dari Cina Daratan.  Hongkong sendiri memiliki luas 1.078 km2, dengan jumlah populasi sekitar 7,5 juta jiwa.

Ketika mengunjungi Hongkong, maka ada beberapa lokasi yang perlu untuk dikunjungi karena keunikannya, antara lain Victoria Peak dan  Avenue of Star. Victoria Peak adalah sebuah tempat yang berada pada suatu tempat atau  pada puncak sebuah gunung Victoria, yang terletak di bagian Barat Daya Hongkong. Victoria   Peak berada pada  ketinggian 552 meter dan merupakan bukit tertinggi yang ada di Pulau Hong Kong.

DSC01251DSC01260

Saat ini Victoria Peak adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Hong Kong, di mana begitu terkenalnya, maka tidak kurang dari  6 juta orang mengunjunginya tiap tahun. The Victoria Peak menjadi terkenal dan menarik sebagai lokasi kunjungan wisata tidak lain dari pemandangannya yang indah, dapat melihat dengan jelas dan indah panorama   mencakup Pulau Hong Kong dan Semenanjung Koowloon.

DSC00345a Untuk mengunjungi lokasi Victoria Peak, dapat menggunakan alternatip melalui jalan jalan biasa dan  atau menggunakan kereta atau Peak Tram.  Apabila menggunakan tram, penumpang bisa melihat pemandangan Pulau Hong Kong di satu sisi sedangkan jika menggunakan jalan, bisa melihat seluruh bagian dari Hong Kong.  Baik menggunakan Peak Tram atau dengan cara berjalan kaki, keduanya akan membawa kita untuk dapat mengunjungi Peak Tower, yaitu  sebuah menara di Victoria Peak yang juga menjadi pemberhentian paling atas dari  terakhir dari Peak Tram. Peak Tower sendiri memiliki arsitektur yang unik dan khas, dirancang berbentuk sebuah lingkaran dengan sisi lurus pada bagian atasnya, bagunan tersebut terdiri dari 7 lantai dengan luas bangunan keseluruhan 10,400  m². Beberapa atraksi di Peak Tower adalah Ripley's Believe It or Not! Odditorium, Hong Kong’s Historia Adventure, dan museum patung lilin Madame Tussaud’s. Dan dari Victoria Peak kita dapat melihat begitu indahnya panorama Hongkong.

Dari puncak Victoria Peak, kita akan menyaksikan gedung-gedung yang ultra modern saling berlomba mencakar langit sekaligus sebuah pencerminan Hongkong yang kapitalis dan sorga investasi, panorama dan keindahan pantainya.  Dan yang menarik, Hongkong termasuk  negara yang membebaskan visa kunjungan bagi warga negara Indonesia yang ingin berpegian kesana. Hongkong menjadi salah satu tujuan wisata warganegara Indonesia, selain sebagai lokasi transit untuk menuju ke Cina Daratan, juga menjadi tempat belanja barang-barang bermerk.

Lokasi lainnya yang menarik untuk  dikunjungi adalah Avenue of Star, yang terletak di Tsim Sha Tsui promenade.  Avenue of Stars  merupakan tempat yang  dirancang untuk mengenali kontribusi industri film dalam mempromosikan Hong Kong sebagai tujuan di seluruh dunia, lokasi ini kemudian sering disebut-sebut sebagai "Hollywood dari Timur," daya tarik lokasi ini telah menjadi favorit penduduk lokal dan turis. Salah satu daya tarik lokasi ini adalah terdapat patung perungu setinggi 2 meter yang didedikasikan untuk aktor bela diri terkenal Bruce Lee. Lokasi ini sangat indah bila dikunjungi pada malam hari, ketika itu kita akan menyaksikan keindahan Kota Hongkong dengan bangunan pencakar langit yang dihiasi dengan aneka lampu warna-warni.

DSC01239DSC01243Yau Tsim Mong District-20111222-00313

Sisi lain yang jangan dilewati adalah mengunjungi pusat hiburan keluarga terkenal Disneyland Resor, menjadi lokasi pavorit keluarga bila berkunjung ke Hongkong. Setiap hari ratusan ribu wisatawan akan datang dari pagi sampai malam hari. Khusus malam hari, akan dapat disaksikan pertujuan spektakuler kembang api, yang menjadi salah satu  daya tarik bagi pengunjung untuk  bertahan sampai aktivitas usai.

DSC01048DSC01154

DSC01177DSC01185DSC01206DSC01195

Saat ini banyak alternatip penerbangan untuk dapat mengunjungi Hongkong dari Jakarta antara lain Cathay Pasifik, Valua air,  beberapa penerbangan lokal seperti Garuda, Batavia, Air Asia dan lainnya.  Penerbangan antara Jakarta – Hongkong akan ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam. (Evi Veronica).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar