Kamis, 03 Desember 2009

Mesir, Negara di Dua Benua

image
Kalau sebelumnya penulis sudah menceritakan tentang kekaguman pada kota JerusalemHaifa dan Eilat, maka saat ini penulis akan sedikit cerita tentang Negara Mesir, terutama Kota Cairo.  Selain  kekaguman akan adanya terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah. Mesir dengan ibukotanya Cairo adalah Kota yang menyimpan peradaban masa lalu yang begitu mengagumkan, apalagi kalau bukan Pyramid  dan Spinx, yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.  Mesir adalah Negara yang berada pada 2 benua, yaitu benua Asia di bagian utara dan benua Africa di bagian selatan, dan merupakan negara yang berbatasan dengan Libya, Sudan, Saudi Arabia, serta tentu saja dengan Israel dan Jordan. Selain itu, Mesir adalah negara yang mempertemukan Laut Mediterania  di bagian Utara  dengan Laut Merah  di bagian Selatan melalui terusan Suez.
DSC00205a1_pyramidimage
Piramyd dan Spinx sebagai simbol keajaiban dunia, lokasinya berada di tengah Kota Cairo, dan sangat mudah didatangi.  Piramyd Agung Giza dibangun  dengan menyusun sejumlah batu persegi dengan berat setiap batuan sekitar 2,5 ton, selanjutnya batu-batu tersebut kemudian disusun sehingga membentuk bangunan berbentuk kerucut dengan jumlah sekitar 3 juta buah.   Adapun Pyramida yang terkenal dan patut dikunjungi adalah : Piramida Agung Giza merupakan Pyramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada  dan merupakan salah satu bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia  (termasuk salah satunya Candi Borubudur). 
Pyramida Agung Giza merupakan bangunan bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil), tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida "satelit" yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan. Salah satu dari piramida-piramida kecil itu menyimpan makam ratu Hetepheres (ditemukan pada tahun 1925), adik, dan istri Sneferu serta ibu dari Khufu. Juga ditemukan sebuah kota, termasuk sebuah pemakaman, toko-toko roti, pabrik bir, dan sebuah kompleks peleburan tembaga. Lebih banyak lagi bangunan dan kompleks ditemukan oleh Proyek Pemetaan Giza.  Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil, Piramida Khafre, salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Spinx Agung, dan beberapa meter lebih jauh ke barat daya terdapat pula  Piramida Menkaure, penerus Khafre, yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya.
Selain wisata budaya dan situs-situs tua, ternyata Mesir juga memiliki kawasan pantai yang cukup populer yang terletak di Dahab, lokasi ini memiliki banyak hostel, hotel dan resort yang menghadap ke Laut Merah.  Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pinggiran pantai. Dari keindahan pantainya, lokasi ini tidak kalah dari wisata pantai kota Eilat Israel yang juga menghadap ke Laut Merah.  Perbedaannya kota Wisata Pantai kota Eilat lebih lengkap di banding dengan yang tersedia di kota Dahab.
Hal lain  yang terkenal di Cairo tentu saja, pertunjukan tari perut dan Kuliner khas Mesir, serta Sungai Nil yang memanjang dari Selatan ke utara. Untuk menikmati ketiganya, kita bisa mengujungi Kapal-kapal pesiar, yang pada sore hari berlabuh di pinggir sungai Nil di tengah Kota Cairo.  Banyak tersedia kapal-kapal pesiar yang siap membawa para turis untuk menikmati pemandangan malam Kota Cairo dengan menyusuri  sungai Nil,  sambil makan malam diselingi dengan pertunjukan tari perut dari para wanita Mesir  yang cantik. 
Mesir dengan pesona tari perutnya, kenikmatan kulinernya yang menantang, sungai Nil yang panjang, terusan Suez yang mengagumkan, serta Pyramida dan Spinx yang spektakuler.  Dengan alasan tersebut,  Mesir patut menjadi salah satu agenda kunjungan wisata Anda. (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar